Sabtu, 14 Februari 2009

Fenomena Dukun Cilik Ponari vs Menkes

Akhir2 ini santer diberitakan tentang dukun cilik, Ponari yg bisa nyembuhin bnyak org, hnya karen a sebuah batu yg dimiliki Ponari yg dianggap berkhasiat menyembuhkan sgala penyakit...wow!!

Ribuan org memadati rumah praktek Ponari, bocah kecil itu, karena untuk alasan keamanan akhirnya polisi menutup prakteknya, itu pun tdk menyurutkan niat masyarakat yg ingin berobat, meski telah merengkut nyawa karena berdesak2an antri ingin berobat. Karena ditutup, masyarakat pun sampai mempercayai bahwa air di sekitar rumah Ponari itu berkhasiat juga, air selokan yg kotor, lumpur, mereka gunakan untuk membasuh dan meminumnya....Anda bisa bayangkan, sangat jorok dan kotor tampaknya, fenomena macam apa ini yg terjadi?

Dijaman modern dan serba realistis ini, ternyata masih banyak ribuan org yg bersugesti seperti kejadian di atas?
Kebanyakan alasan mereka yg berobat, sudah berobat ke dokter menghabiskan uang tetapi tdk kunjung sembuh, pdhal tingkat pendapatan mereka rendah.

Jadi apakah pelayanan kesehatan yg katanya gratis bagi org miskin itu tdk berjalan, yg saya tahu memang biasanya klo murah dan gratis selalu dinomor duakan...ini sudah tradisi Indonesia...knp yh?Untuk apa Ibu Menkes mencanangkan pengobatan gratis n etc...tetapi tetap kejadian seperti itu terjadi, bukankah hidup dengan saling berbagi adl indah?
Ibu Menkes, tampaknya Ibu harus kroscek kinerja para medis di puskesmas2....
Bu Menkes dan SBY masa puskesmas kalah sama Ponari kecil??

Keajaiban memang bisa terjadi, tetapi tidak menjadi fenomenal seperti ini juga kn?
Yg jika boleh jujur, boleh dibilang sugesti seperti itu?!!!!

1 komentar: